• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Tips Saat Wawancara Kerja

Memanfaatkan Kesempatan Bertanya Dalam Wawancara Kerja

Dalam proses rekrutmen, wawancara adalah tahap yang sangat penting bagi kedua belah pihak. Bagi HRD / rekruter dari perusahaan yang memanggil, wawancara merupakan bagian dari proses seleksi yang terutama bertujuan untuk mendapatkan profil yang lebih utuh dari pelamar, khususnya yang menyangkut potensi, kompetensi dan kualifikasi kandidat. Dari sini selanjutnya akan ditentukan sesuai tidaknya kandidat dengan jabatan yang tersedia.

Sedangkan bagi pelamar, wawancara adalah saatnya untuk membuktikan bahwa dirinya adalah kandidat yang tepat bagi posisi yang ditawarkan. Tetapi sebetulnya ada satu hal lagi yang tak kalah pentingnya. Bagi pelamar (terlebih – lebih bagi yang sudah berpengalaman), wawancara juga harus dimanfaatkan sebagai tahap penjajakan untuk mengetahui segala sesuatu yang menyangkut perusahaan yang dituju dan pekerjaan yang ditawarkan. Dari sini, kandidat seharusnya juga bisa melakukan evaluasi dan menetukan kesesuaian dirinya dengan jabatan yang ditawarkan, sehingga dikemudian hari tidak timbul penyesalan atau perasaan masuk ketempat yang salah.

Pada saat wawancara, selain aktif bertanya biasanya HRD / rekruter juga memberikan kesempatan bertanya kepada kandidat pelamar. Pedoman umum yang perlu anda pegan adalah jangan terlalu banyak mengajukan pertanyaan. Seleksi dan pilih yang penting – penting saja dan jangan terkesan menyelidik ataupun sok. Lalu, pertanyaan apa yang sebaiknya diajukan? Mungkin beberapa hal dibawah ini bisa anda jadikan acuan:

#
Profil Perusahaan
Adakalanya, HRD / rekruter melakukan presentasi singkat mengenai profil perusahaannya (sangat disarankan anda sudah terlebih dahulu mempelajarinya sebelum anda menghadiri wawancara). Bila HRD / rekruter tidak melakukan presentasi, maka ini saat yang tepat bagi anda untuk mengetahui lebih jauh. Anda misalnya bisa menanyakan tentang kapan perusahaan tersebut didirikan, target market-nya; siapa pembeli atau pelanggan yang dituju? Posisi produk perusahaan tersebut di “pasar”; pemimpin pasarkah? Profil pemilik perusahaan tersebut; suatu kelompok usahakah? Dan sebagainya.

#
Peraturan Umum Perusahaan
Pertanyaan tentang jam kerja perusahaan, ketentuan lembur, seragam dan hak cuti bisa anda tanyakan dalam kesempatan ini.

#
Struktur Organisasi
Anda boleh mengajukan pertanyaan mengenai struktur organisasi di perusahaan tersebut, khususnya menyangkut kepada siapa anda bertanggung jawab, hubungan dengan kolega / rekan yang berada di jenjang / departemen yang sama atau di departemen terkait. Bila posisi yang ditawarkan adalah supervisor ke atas, anda juga bisa bertanya mengenai jumlah anak buah anda.

#
Paket Remunerasi
Khususnya mengenai gaji, sebaiknya hal ini tidak anda tanyakan. Pada umumnya ada sesi khusus untuk pembicaraan mengenai gaji dan biasanya ini terjadi pada tahap – tahap akhir (bukan pada wawancara pertama). Tetapi pertanyaan mengenai kompensasi lain, bisa anda tanyakan. Misalnya mengenai kesempatan mengikuti pelatihan, atau tunjangan dinas luar kota (apabila ada penugasan keluar kota).

#
Karakter Pekerjaan / Posisi Itu Sebdiri
Hal yang terakhir ini merupakan hal yang sangat penting. Biasanya pertanyaan – pertanyaan ini lebih tepat bila anda ajukan langsung kepada user atau calon atasan anda (biasanya calon atasan juga mewawancarai kandidat). Anda sebaiknya bertanya tentang deskripsi pekerjaan yang akan ditugaskan pada anda, target yang akan dibebankan (bila ada), apa saja yang telah dilakukan oleh pendahulu anda (bila anda menggantikan posisi seseorang) dan lain – lain

Satu Tanggapan

  1. ohh, jadi begitu toh…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: