• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Mengapa GNU / Linux Lebih Baik Dari Windows

Sekuriti

Linux adalah Open Source Software, sedangkan Windows tidak. Keuntungan paling nyata Open Source Code adalah skuriti, reliabilitas dan fungsionalitas yang terus bertambah, karena pengguna Open Source biasanya mampu mengenali dan mengoreksi masalah atau kesalahan program lalu mengirimkan perbaikannya kepublik. Sistem Closed Source tidak menikmati keuntungan ini.

Skalabilitas

Sistem – system yang diimplementasikan under GNU / Linux dapat dikloning tanpa dibatasi waktu dan tanpa merogoh biaya lesensi untuk softaware tambahan – dengan Windows, Anda harus membayar tiap instalasi / workstation / server / cpu.

Power

Linux didesain dengan filosofi Unix, yang menyatakan tool haruslah kecil dan sangat spesialis. Alhasil, lahirlah sebuah system yang sangat powerful dan reliable, hanya dibatasi oleh imajinasi penggunanya dan kemampuan mengintegrasikan utility Unix. Filosofi Windows ialah menciptakan pisau Swiss, yang kemampuannya dibatasi pada berapa banyak fitur yang dibeli pengguna di pisau tertentu. Reliabilitas yang menurun adalah efek samping komplesitasyang bertambah. Akibatnya pada Windows, kita sering mendapati tool – tool NYARIS mengerjakan apa yang anda inginkan, jika tool tadi tidak crash.

Reliabilitas

Arsitektur Linux lebih unggul daripada Windows karena fungsi fungsi kritis system operasi dijalankan sedemikian sehingga program – program yang mengidap bug tidak dapat membuat computer tidak stabildan crash. Sejujurnya, walau tidak setangguh Linux, Windows 2000 dan Windows XP jauh lebih baik daripada Windows 9x dan Windows Millenium Edition.

Kemampuan Canggih

Disamping system utility tool dari belantara Unix, GNU / Linux biasanya dibelaki Apache Webserver, Email server, kemampuan Router/ Firewall dan SQL database. Di Windows, aplikasi-aplikasi ekstra ini berharga ribuan Dolar. Memang ada banyak Free software yang mengerjakan tugas serupa di Windows, namun kebanyakan free software tadi diadaptasi dari GNU / Linuxdan kehilangan banyak fungsi manakala di porting ke Windows.

Komplektibilitas

Linux adalah POSIX compliant yang artinya aplikasi – aplikai yang dikembangkan untuk GNU/ Linux dapat dijalankan di turunan Unix yang POSIX compliant dengan sangat sedikit kerja tambahan.

Support

Bagi pengguna yang belum familiar dengan komunitas Open Source, kualitas technical support gratis di internet mungkin sedikit mengagetkan. Terkadang melantarkan pertanyaan yang tepat bisa menjadi masalah sendiri. Support ini siap membantu anda tanpa dikenai biaya manakala anda tersandung masalahyang tidak dapat dipecahkan dengan membaca dokumentasi di GNU / Linux. Pada Windows atau software komersial lainnya, support manufaktur bisa gratis dalam kurun waktu tertentu dan sangat terbatas.

Not Single Source Software

GNU/Linux didistirbusikan banyak perusahaan, menjadikan konsumen dapat memilah distro sesuai kebutuhan. Windows adalah produk satu perusahaan, Microsoft Coporation. Pengguna Windows tidak punya pilihan kecuali apa yang dijejalkan oleh Microsoft.

Kecepatan Pengembangan

GNU/Linux telah dan akan terus berkembang pada kecepatan yang mustahil disamai oleh proyek – proyek tertutup (close development project) seperti Microsoft Windows. Beberapa factor yang mendorong kecepatan ini adalah jumlah developler yang aktif terlibat, kuantitas dan kualitas feedback dari lapangan, siklus pengembangan dari tim pengembangan ke end user sangat pendek, tidak adanya korporasi yang terinferensi dalam proses desain dan subsistem-subsistem yang dikembangkan secara bebas under open source seringkali digagungkan ke GNU/Linux hingga keceparan perkembangan begitu mengesankan. Singkat kata, rate of advancement GNU/Linux mustahil disamai Windows dan software komersial lainnya.

Bebas

Bahwa GNU/Linux adalah bebas tampaknya membutuhkan penjelasan tersendiri, anda dapat memaketkan dan menjual GNU/Linus. Distro – distro komersial banyak yang menyuntikan fitur – fitur tambahan disamping core system, diantaranya solusi e-comerce, printed manual dan telepon technical support. Tidak ada aturan yang mengatakan Anda tidak bisa mendapatkan GNU/ Linux.

Bagi pengguna yang memilih mengunduh dan menginstall free distro dari internet, GNU/Linux betul – betul bebas. Beberapa kritis terlontar, “Memang GNU/Linux kini bebas, namun orang – orang GNU/Linux akan mulai mengenakan tariff atau biaya setelah itu”. Ini keliru. Tidak ada satu orang atau perusahaan yang mengontrol GNU/Linux, dan ini tidak akan pernah terjadi. Disamping itu GNU/Linux dipayungi oleh Gnu Public License, yang mengatakan GNU/Linux dan turunannya garus didistibusikan bersama source code. Ini menjadikan mustahil memonopoli GNU/Linux.

(Komputek, Edisi 577)

4 Tanggapan

  1. selain kelebihannya, post kekurangannya juga dong. ^^

  2. iya, ada yang punya kelemahan atau kekurangannya gak? kasih – kasih infonya deh ….

  3. Yeahh link ini mungkin membantu http://www.WhyLinuxIsBetter.Net

    List kenapa linux lebih baik…

  4. thx ya … sangat membantu

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: