• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

KNOL vs WIKIPEDIA ??

Raksasa dunia internet Google seolah tidak pernah berhenti berinovasi untuk terus menggenggam bisnis dunia maya. Dunia saint coba terus dikuasai oleh Google untuk menancapkan diri sebagai yang terbaik.

Setelah sebelumnya diperkenalkan secara terbatas, raksasa internet Google akhirnya meluncurkan Knol, situs ilmu pengetahuan baru yang dianggap bakal menyaingi situs ensiklopedi Wikipedia.

Meski konsepnya relative mirip. Google menyatakan bahwa Knol tidak ditujukan untuk berkompetisi secara frontal dengan Wikipedia.

Google memaparkan, Knol memberi focus besar pada penulis artikel. Tiap artikel Knol ditulis oleh satu atau sekelompok penulis yang namanya akan ditampilkan dalam tulisan tersebut. Para penulis inilah yang memegang kontrol penuh terhadap artikelnya.

“Jutaan orang mengetahui berbagai hal penting dan miliaran lagi bisa memetik manfaat dari pengetahuan itu. Knol mendorong mereka membagikan pengetahuan itu secara On Line,” demikian pernyataan Google seperti dikutip dari ComputerWorld

Jika di Wikipedia pengakses bisa mengedit tulisan, pembaca Knol juga bisa menyarankan adanya perubahan artikel. Namun bedanya, hanya penulis artikel bersangkutan yang bisa memutuskan apakah akan menerima atau menolak saran perubahan tersebut.

Google juga mengijinkan satu topik bahasan dibahas dalam berbagai artikel oleh penulis yang berbeda. Nantinya bakal ada semacam rangking berdasarkan rating pengakses ataupun review yang diberikan pembaca pada artikel itu.

Pengakses Knol memang juga bisa memberikan komentar, rating dan menulis preview dalam artikel yang dibacanya.

Dan bedanya lagi dengan Wikipedia yang nirlaba, Knol memperbolehkan penulis artikel memperoleh pendapatan dari iklan Google AdSense.

Pun karena setiap penulis punya kontrol penuh terhadap pengeditan, ada anggapan bahwa artikel di Knol tidak ‘sewibawa’ di Wikipedia dimana tempat pengeditan dilakukan bersama – sama. Meski demikian Knol dinilai masih bisa menjadi penyumbang traffic yang besar bagi Google serta mencuri minta pengakses internet yang selama ini hanya mengandalkan Wikipedia.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: