• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Perbaiki Noise Image Hasil Scan

Pernah gak sih, ngerasa gambar hasil scan – scan kamu itu hasilnya gak bagus, padahal gambar aslinya bagus, Memang ada beberapa jenis scaner yang digunakan untuk men-scan gambar pada beberapa jenis media biasa nya terdapat pola – pola yang mengganggu. Untuk membuat gambar tersebut menjadi lebih baik, coba langkah berikut :

  1. Scan gambar pada resolusi yang cukup tinggi.
  2. Buka gambar hasil scan dengan Photoshop 7
  3. Dengan resolusi tinggi, anda mendapatkan pixel yang lebih banyak dari yang dibutuhkan. Keuntungannya, kita dapat memaksakan down sampling untuk memaksimalkan pengabungan titik. Pilih Image → Image Size, aktifkan kotak Resample image. Ubahlah pilihan pad width, ketikan angka yang sesuai (misalnya 60%). Pada Photosop, pola – pola tersebut dianggap sebagai noise, sehingga kita bisa menguranginya dengan Median.
  4. Pindahkan ke Channel Red.
  5. Gunakan Filter median untuk mengurangi Noise. Pilih Filter → Noise → Median. Warna-warna penting terkandung di dalam channel ini, oleh karena itu jangan di ubah terlalu banyak. (Misalnya 4 pixel).
  6. Ulangi pada channel green. Channel Green mengandung tingkat warna terang, oleh karena itu lebih baik menggunakan radius lebih kecil daripada channel Red, yaitu 2 pixel.
  7. Ulangi juga pada channel Blue. Gunakan radius agak tinggi. Karena mata kita agak kurang sensitif terhadap cahaya biru. Misalnya kita dapat menggunakan radius 6 pixel.
  8. Kembali ke channel RGB. Untuk menyempurnakan hasilnya, kita masih perlu memberi beberapa sentuhan.
  9. Gunakan blur untuk mengaburkan sisi yang terpisah akibat penggunaan Median. Pilih Filter → Blur → Gaussian Blur. Ketikan nilai paling rendah, biasanya menggunakan 1 pixel.
  10. Gunakan Unsharp mask untuk menajamkan gambar. Pilih filter → Shape → Unsharp Mask. Bisa menggunakan 150 untuk amount, dan 3 pada radius

Selamat mencoba

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: