• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Trik di Firefox 3

Firefox 3 sudah dirilis beberapa waktu yang lalu. Browser Mozilla ini mengusung banyak fitur baru, diantaranya tombol identifikasi website, Bookmark Library dan “Awesome Bar”. Kita juga bisa memaksa browser agar menggunakan Gmail untuk Link mailto:, menemukan “easter egg” yang tersembunyi dan masih banyak lagi.

Sebenarnya cara terbaik hacking firefox 3 adalah melalui about:config karena memungkinkan kita mengubah seabrek setting dan preference Firefox. Kebanyakan trik dalam pembahasan ini memanfaatkan utility praktis tadi. Untuk menggunakan about:config ikuti langkah berikut :

  • Pad address bar, ketik about:config dan tekan enter.
  • Pesan muncul “This might void your warranty” abaikan pesan ini dan klik “I’ll be carefull, I promise!”
  • Pada filter box, ketik nama setting yang hendak disesuaikan kebutuhan, kamu akan melihat entry muncul di area bawah. (Jika nama setting sangat panjang, pengetikan bagian awal setting akan menampilkan sebuah daftar, lantas pilih setting yang dikehendaki.)
  • Ubahlah setting seperti pada instuksi.

1.      MASKOT FIREFOX

Kamu mungkin belum mengetahui firefox memiliki mascot – sebuah robot yang dapat ditemukan di firefox 3. Pada address bar, ketik about:robots dan kamu akan melihat sebuah robot. Kutipan – kutipan yang berhubungan dengan robot ditampilkan berasal dari buku dan film yang didalamnya robot memainkan peran penting, seperti Blade Runner dan The Hitchhiker’s Guide to Galaxy.

Melihat title page, kamu akan mendapati tulisan aneh: Gort!Klaatu barada nikto! Ini adalah kalimat yang di gunakan Helen Benson dalam fiksi ilmuiah klasik The Dat the Earth Stood Still, yang memerintahkan robot Gort agar tidak menghancurkan Bumi.

2.      Firefox 3 dengan Link mailto: ke Yahoo Mail

Di Firefox 3, jika kamu menggunakan e-mail account bassis web seperti Yahoo Mail atau Gmail, kamu tidak diberi pilihan saat mengklik link  mailto:. Link Mailto: otomatis membuka pesan e-mail ke pengirim khusus, menggunakan default e-mail handler. Pada Firefox versi sebelumnya, link hanya bekerja pada e-mail software basis client, dan tidak berlaku untuk e-mail program basis web.

Pada Firefox 3, hal tadi berubah, browser menyertakan integrasi built-in dengan Yahoo Mail. Dan walaupun ia tidak mempunya integrasi sama dengan Gmail, ada kiat untuk ini.

  • Pilih tools à Options dan klik ikon Aplications diatas page.
  • Klik mailto, dan pilih Use Yahoo! Mail.
  • Klik OK

Mulai sekarang, setiap mengklik link mailto:, kamu akan diarahkan ke account Yahoo!Mail dan e-mail baru akan dibuat, dikirimkan ke tempat link mailto: diarahkan. (jika belum login ke Yahoo Mail, kamu harus mengetikan username dan password.)

3.      Firefox 3 dengan Link mailto: ke Gmail

Menariknya, Gmail tidak muncul pada daftar mailto: handler di Firefox. Namun kamu dapat menambahkannya. Ikuti langkah berikut :

  • Di address bar, ketik about:config, tekan enter. Abaikan peringatan garansi.
  • Pada kotak filter, ketik gecko.handlerservice.
  • Dari entri yang muncul, klik ganda gecko.handlerServiceAllowRegisterForm-DifferentHost. Ini akan mengubah valuenya dari false ke true.
  • Pada address bar, salin kode ini, dan tekan enter :

javascript:window.navigator.registerProtocolHandler(“mailto”,”https://mail.google.com/mail/?extsc=mamail&url=%s””,”Gmail”)

  • Dibawah address bar, aka nada pesan yang menanyakan apakah kamu hendak menambahkan Gmail sebagai aplikasi untuk mailto:. Klik tombol add Application.
  • Kini setiap kamu mengklik link mailto:, sebuah screen akan muncul yang memungkin kan kamu memilih aplikasi yang di inginkan. Pilih Gmail, klik boks sebelah “Remember my choice for mailto: links,” lalu klik OK. Mulai sekarang, Gmail akan menghandle link. Seperti halnya pada Yahoo Mail, jika saat ini belum login, kamu harus mengetikan e-mail dan password, dan Gmail akan membuatkan e-mail.


4.      Tombol Site Identification untuk Unduh Gambar & Media

Salah satu fitur paling ciamik Firefox 3 adalah tombol site identification, tombol sebeleh kiri address bar yang menampilkan ikon yang mewakili website yang tengah dikunjungi dan memungkinkan kamu bermain trik yang menarik.

Jika kamu mengklik tombol tadi, lalu klik More Information dari dialog box yang muncul; kamu akan dibawa ke screen Page Info yang berisi lebih banyak tombol diatas. Sampai disana, ada banyak trik yang dapat di coba. Berikut 2 diantaranya :

Sebelum Firefox 3, salah satu extension paling popular adalah DownloadThemAll, yang memungkinkan kita mendownload secara bersamaan semua gambar dan media pada sebuah Web page. Di Firefox 3, kamu dapat membuang extension ini, karena kemampuan serupa sudah ditanamkan ke browser.

Klik tombol Media di screen Page Info untuk menampilkan beragam elemen WebPage, kamu dapat menggulung sembarang gambar untuk melihat preview, lalu klik save as untuk menyimpannya. Untuk mendownload banyak file, tekan CTRL dan pilih gambar, dan klik Save As. Untuk mendownload semua, tekan CTRL-A, yang akan menyorot semua file, dan klik Save As.

Jika karena berbagai alas an kamu hendak memblokir image di sebuah website agar tidak ditampilkan di Firefox, klik kotak Block Images untuk menampilkan tanda centang, dan Website tidak akan menampilkan Image.

5.      Mengintip Detail Web Page

Bila kamu menggeluti bisnis Web, tentu ada banyak informasi yang perlu diketahui dari sebuah Web Page. Metatag-metatag apa yang dipakai pesaing, misalnya? Berapa “berat” web pages yang kamu buat, maksudnya, berapa size-nya dalam kilobyte? Tab general pada screen Page Info member tahu kita akan hal ini, bahkan lebih dari itu, Klik tab General dan anda akan melihat page size, tanggal page dimodifikasi, metatag dan banyak lagi.

6.      Mengecilkan Tombol Back

Jika kamu merasa tombol Back di Firefox 3 terlalu besar, kamu dapat mengecilkannya ke ukuran normal. Klik kanan di area kosong pada toolbar, pilih costumize, dan klik kotak disebelah Use Small Icons. Klik Done. Tombol back akan lebih mungil dan seukuran tombol forward. Tapi ingat, ikon lain di toolbar juga ikut mengecil.

(bersambung ………. )

6 Tanggapan

  1. Wah penjelasan yang lengkap
    dan menarik,
    bisa dicoba deh nanti….

  2. Lanjutannya gimana…

  3. Wah thanks ya buat triknya.. Ntar mo langsung dicoba..

  4. lanjutannya akan muncul di episode selanjutnya …

  5. thanks info nya ntar gw coba

  6. […] Trik di Firefox 3 (bagian 2) Ditulis pada Agustus 7, 2008 oleh maychaell adinata ( … Sebelumnya ) […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: