• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Trik di Firefox 3 (bagian 2)

( … Sebelumnya )

7.    Menemukan Password
Jika kamu seperti orang kebanyakan, mempunyai terlalu banyak password untuk beragam Web Site. Dan umumnya, kita lupa sebagian besar atau semua password tadi. Firefox dapat mengingat password anda, sehingga kamu bisalogin ke Web Site secara otomatis.

Tapi bagaimana jika kita hendak login ke WebSite dari PC lain? Atau bagaimana cara menyimpan password mengantisipasi bila password terhapus? Firefox 3 menawarkan cara mudah menemukan semua password dan user name untuk masing-masing Website. Berikut caranya :

  • Klik Tools –> Options lalu klik ikon Security
  • Pada bagian Password, klik Saved Password. Sebuah layar muncul bersama daftar WebSite dan Username untuk tiap Website.
  • Klik Show Passwords. Layar peringatan nongol, menanyakan apakah kamu hendak menampilkan password. Klik Yes. Kini kini kita melihat semua password beserta URL website dan Username. Tulis atau capture untuk dicetak, dan disimpan di tempat aman.

Hmm, kalo warnet pake Firefox 3 gimana ya ???


8.    Ubah Jumlah Maksimum hasil Pencarian Awesome Bar

Address bar di Firefox 3 kini dilengkapi kemampuan baru dengan julukan Awesom Bar. (Mozilla menyebutnya Smart Location Bar.) Tidak peduli apapun namanya, ia tetap menarik di kupas.
Pertama background mungil soal fitur Awesome Bar. Pada Firefox versi sebelumnya, sewaktu kamu mengetikan teks di address bar, ia menampilkan daftar drop-down URL yang terakhir kali dikunjungi dan menyempitkan daftar tadi ketika makin banyak kata yang diketikan.

Contoh, ketika mengetikan sebuah huruf “a”, maka kamu akan di suguhi daftar panjang website yang belakangan dikunjungi yang berawalan huruf “a” dan saat mengetikan huruf selanjutnya, daftar berkurang. Kamu dapat menggulung untuk menuju ke URL tertentu di daftar dan tekan Enter untuk mengunjungi website.

Awesome Bar menambahjkan kemampuan lebih dari itu. Ia tidak hanya menampilkan website yang belakangan dikunjungi saat kamu mengetik, tetapi ia juga mengembil URL dari bookmark. Dan tidak hanya mencari URL – URL yang cocok dengan huruf pertama, ia juga melihat page title dan tag.
Masih ada, Awesome Bar menggunakan algoritma untuk menentukan website yang sering kali dikunjungi dan meletakannya di urutan pertama dalam daftar. Ia menampilkan tidak Cuma daftar URL, tapi lebih dari itu untuk tiap URL, termasuk title lengkap website apakah kamu sudah membookmark page. Secara default, Awesome Bar menampilkan daftar maksimal 12 entri. Namun, kamu bisa mengubah nilai maksimum tadi ke nilai lain dan berikut caranya:

  • Ketik about:config di address bar, klik “I’ll be careful, I promise!” saat muncul peringatan keamanan
  • Ketik (atau paste-kan) teks ini ke filter box :

Browser.urlbar.maxRichResults

  • Kamu bisa pula mengerikan browse.urlbar dan memilih browser.url.maxRichResults pada dafar
  • Klik ganda entry browser.urlbar.maxRichResults. pada pop up “Enter integer value”, ketikan jumlah maksimum hasil pencarian dan klik OK. Mulai sekarang, itulah jumlah maksimum

Jangan lupa, setelah melakukan trik ini, kamu hanya bisa melihat entri sejumlah yang kamu ketikan, untuk melihat daftar lebih, anda bisa mengulang langkah tadi.

9.    Mencegah Bookmark Muncul di Awesome Bar
Jika karena suatu alasan kamu tidak menginginkan bookmark muncul di Awesome Bar, ada cara mudah untuk mencegahnya. Unduhlah Hide Unvisited 3 add-on, dan hanya web page yang belakangan ini dikunjungilah yang akan muncul. Ingat, bila kamu mengunjungi page yang telah di bookmark, page ini akan muncul di Awesome Bar. Ia hanya akan menyimpan bookmark yang terakhir kali tidak dikunjungi.
Itu tadi cara yang mengandalkan add-on, berikut adalah cara manual :

  • Ketik about:config di address bar
  • Ketikan teks ini di filter boks :

browser.urlbar.matchOnlyTyped

  • Atau ketik browser.urlbar dan pilih pada list
  • Klik ganda entry browser.urlbar.matchOnlyTyped sehingga nilai (value) berubah dari false ke true.
  • Bersihkan history list. Mulai sekarang, hanya web site yang terakhirkali dikunjungi yang ditampilkan, yang ada di bookmark tidak ditampilkan.

10.    Awesome Bar Gaya Lama
Kamu dapat membuat Awesome Bar berpenampilan dan bekerja layaknya address bar di Firefox versi sebelumnya. Add-on oldbar akan membuat Awesome Bar tampak seperti Firefox 2 location bar.
Namun perubahannya hanya sebatas skin – bahkan ketika kamu menggunakan add-on ini, Awesome Bar masih memakai algoritmanya untuk menentukan website mana saja yang ditampilkan. Ia tidak akan menampilkan semua detail.

11.    Memaksa Extension Lama Bekerja di Firefox 3
Saat kamu menginstal Firefox 3, ia mengecek untuk memastikan apa kah extension lama milik anda sudah di update. Bila ia mendapati extention-extention itu belum di update, Firefox akan mendisable extention tersebut.
Namun kamu bisa memaksa Firefox agar menggunakan extention lama. Tapi ingat, ini dapat menimbulkan masalah kompatibilitas dan kendala lainnya. Masuk ke setting berikut di about:config, dan ubahlah keduanya ke false dengan mengklik ganda :

extentions.checkCompatibility
extentions.checkUpdateSecurity

Bila kamu tidak ingin repot menggunakan about:config tapi ingin memaksa extention lama bekerja di Firefox 3, segeralah download dan gunakan extention Nightly Tester Tools.

12.    Firefox Zoom Feature
Firefox 3 menyuntikan kemampuan baru Zoom yang dapat memperbesar (magnify) image dan teks. Namun jika Firefox tidak mengerjakan apa yang kamu perintahkan, atau kamu tidak ingin menggunakan ditur ini, berikut adalah caranya, melalui about:config

Kita dapat menZoom in dan zoom out web page di Firefox menggunakan kombinasi Ctrl + dan Ctrl – , atau klik view –> Zoom. Saat kamu men-zoom page di web domain (misalnya yahoo.com), lain kali kamu mengunjungi page di domain tadi, Firefox 3 akan mengingat zoom level dan menampilkan web page di level tersebut.

Akan tetapi, bila kamu menghendaki Firefox selalu menampilkan page pada normal Zoom, tidak peduli bagaimana kamu menampilkan page terakhir kali dikunjungi, berikut trik nya, Ubahlah setting ini dari true ke false dengan mengklik ganda di about:config :
browser.zoom.siteSpecific
Selamat mencoba . ..

2 Tanggapan

  1. […] (bersambung ………. ) […]

  2. […] Original maychaell adinata […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: