• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Recovery Hard Disk Rusak dengan ddrescue

Seperti halnya dd, dd_rescue dapat menyalin data pada sebuah file atau block device ke lokasi lain. dd_rescue adalah tool yang membantu kita menyelamatkan data pada partisi yang rusak.


Ia membantu membaca dan bila gagal, ia akan melanjutkan membaca sektor selanjutnya diaman tool semacam dd gagal bekerja. Bila proses penyalinan di interupsi user, program ini dapat melanjutkan penyalinan dari posisi sebelumnya, ia bahkan dapat menyalin dengan urutan terbalik (backward).

Keuntungan dd_rescue

Bayangkan –semoga tidak melanda kamu– salah satu partisi kamu crash, dan kerana ada banyak error, kamu tidak ingin lagi menulisi hardisk. Ambil data didalamnya dan hardisk langsung di pensiunkan adalah pilihan tept. Sialnya, kamu tidak dapat mengakses file karena file system rusak.

Kini, kamu dapat menyalin seluruh partisi kedalam sebuah file dan memburningnya ke CD-ROM. Kamu bisa menyetup loop device, memperbaiki (fsck) dan semoga saja bisa menge-mount file ini.

Penyalinan partisi ini dengan tool seperti cat atau dd akan gagal, karena tool tadi akan berhenti dan exit lantaran error. Lain halnya dengan dd_rescue. Ia akan mencoba membaca dan bila gagal, ia akan meneruskan pembacaan sektor selanjutnya. File output tentunya banyak ‘lubangnya’. Namun kamu bisa menuliskan file log, untuk melihat, dimana saja error – error terjadi.

Ketika ditemukan error, data rate yang mengalami drop sangat kecil. Bila kamu menginterupsi proses penyalinan, kamu tidak akan kehilangan apapun. Kamu daat melanjutkan dari posisi terakhir kali berhenti. File output akan diisi selanjutnya dan tidak dipotong seperti terjadi pada tool – tool lain.

Bila ada satu titik bad sektor dalam partisi, akan lebih tepat jika kamu menggunakan pendekatan dari dua sisi. Penyalinan dengan arah terbalik (backward) menjadi pilihan jitu. Instalasi dd_rescue di Debian sebagai berikut : #apt-get install ddrescue sedang di Ubuntu perintahnya sudo apt-get install ddrescue

ddrescue Syntax
dd_rescue [options] infile outfile

Sekarang kita melihat bagaimana menggunakan ddrescue pada hard disk rusak. Jika kamu mempunyai hard disk /dev/sda1 dan memiliki space kosong di hard disk /dev/sda2. Bila hendak menyalin data dari /dev/sda1 ke /dev/sda2, gunakan perintah dd_rescue /dev/sda1 /dev/sda2/backup.img. Sedangkan jika kamu memakai Ubuntu Linux, gunakan perintah sudo dd_rescue /dev/sda1 /dev/sda2/backup.img. Kedua perintah akan menyalin image /dev/sda1 ke sda2.

Selanjutnya, kita perlu mengecek konsistensi backup image. Proses ini mengecek apakah ada masalah dengan file image tadi. Gunakan perintah fscx -y /dev/sda2/backup.img. Bila kamu menggunakan Ubuntu, jalankan perintah sudo fscx -y /dev/sda2/backup.img.

Setelah selesai mengecek file tersebut, kita mount image ini ke hard disk lain dengan perintah sebagai berikut : mount /dev/sda2/backup.img /mnt/recoverydata. Untuk Ubuntu, perintahnya adalah sudo mount /dev/sda2/backup.img /mnt/recoverydata. Perintah tadi akan menge-mount semua data pada backup.img di mnt/recoverydata sehingga kamu dapt mencoba mengakses data tanpa masalah. Semoga

Restore image
Untuk merestore image tadi, perintahnya dd_rescue /dev/sda2/backup.img /dev/sda1 dan untuk Ubuntu dengan perintah sudo dd_rescue /dev/sda2/backup/img /dev/sda1

Salin Dsik Image ke Komputer Remote dengan SSH

Bila kamu hendak menyalin disk image komputer remote melalui SSH, perintahnya #dd_rescue /dev/sda1 – |ssh username@machineip Aecat/datarecovery/backup.imgAf dan buat Ubuntu dengan perintah sudo dd_rescue /dev/sda1 – |ssh username@machineip Aecat / datarecovery/backup.imgAf. Perintah ini akan meminta password untuk username. Setelah memasukan password, dd_rescue mulai menyalin yang tentunya proses penyalinan lintas jaringan memakan waktu.

Kemungkinan Error

Bila mendapati error – error berikut saat penyalinan, kamu dapat mengabaikannya :

dd_rescue: (warning): output file is not seekable!
dd_rescue: (warning): illegal seek

Bila menghendaki image dalam format terkompresi, gunakan perintah #tar zcvf – /dev/sda1 | ssh username@machineip Aecat@@>/tmp/Datarecovery/backup.tar.gzAf. Untuk pengguna Ubuntu, perintahnya sudo tar zcvf – /dev/sda1 | ssh username@machineip Aecat@@>/tmp/Datarecovery/backup.tar.gzAf.

Selamat Mencoba

5 Tanggapan

  1. Puyeng juga ngebaca petunjuk teknisnya.
    But, I will try it.
    Thanks.

    http://www.datarecoverydownload.blogspot.com

  2. keluhannya gini!kemaren hardisk saya jatoh,trus mpe skarang g ke detect di window.tp di bios ke detect!mslhnya di dlm hardisk itu ada data untuk penyusunan skripsi saya!makanya penting bgt.
    tau g gimana caranya??benerinnya??coz kmrn nanya bwt ngebalikin datanya perlllu duit ampe 200rb lbh!makllum anak kost duit segitu lumayan gede kan!!
    ktanya dibenerin lewat under dos,tp g ngerti uy??tlg ya!thx b4.

    • Hardisku rusak akibat jatoh kalo di bios kedetek tapi comment hardisk failure

      ada yang bisa balikin data-nya g berapapun biayanya
      tak bayar… penting

  3. kalo hardisk sudah mendekur bunyinya sudah nggak bisa diperbaiki ya mas ?

  4. kalo mengatasi hardisk yang gak ke detect gimana ya caranya gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: