• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Install Ubuntu pada Console PS3

Bagi pengguna Ubuntu pasti sudah pernah mendengar bahwa distro ini dapat di install pada console game PS3 dari Sony. Hal itu bukan isapan jempol, dan dapat dilakukan  dengan sangat mudah, meski untuk mereka yang sama sekali belum pernah berurusan dengan linux sekalipun.

PlayStation 3 sendiri merupakan sebuah console milik Sony Corp, dimana pada generasi ketiga ini selain memiliki kemampuan untuk memainkan game, Sony juga memberikan fitur untuk mengijinkan operating system lain berjalan di atas platform PS3.

Hingga saat ini operating system yang di tengarai telah berhasil di jalankan dengan baik pada PS3 adalah Linux. Artikel ini akan memberikan panduan bagaimana menginstall Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, dan Edubuntu pada PlayStation 3.

Beberapa yang harus kamu miliki sebelum melakukan instalasi Linux pada PS3 adalah :
1. Playstation 3 40GB ke atas
2. USB keyboard
3. USB Mouse
4. HDD external (FAT32)
5. Distro Linux Live CD

Mendownload Distro Linux

Beberapa distro Linux dibawah ini telah diuji dan dapat dijalankan dengan baik pada PS3. Kamu dapat mendownload salah satu distro yang diinginkan.

Ubuntu:
http://cdimage.ubuntu.com/ports/release/7.10/release/ubuntu-7.10-alternate-powerpc+ps3.iso
http://cdimage.ubuntu.com/ports/release/7.10/release/ubuntu-7.10-desktop-powerpc+ps3.iso
http://cdimage.ubuntu.com/custom/20070608-feisty/release/ubuntu-7.04-desktop-powerpc+ps3.iso
http://cdimage.ubuntu.com/ports/release/feisty/release/ubuntu-7.04-desktop-powerpc+ps3.iso

Kubuntu:
http://cdimage.ubuntu.com/kubuntu/ports/release/7.10/release/kubuntu-7.10-alternate-powerpc+ps3.iso
http://cdimage.ubuntu.com/kubuntu/ports/release/feisty/release/kubuntu-7.04-desktop-powerpc+ps3.iso

Xubuntu:
http://cdimage.ubuntu.com/xubuntu/ports/release/7.10/release/xubuntu-7.10-alternate-powerpc+ps3.iso
http://cdimage.ubuntu.com/xubuntu/ports/release/7.10/release/xubuntu-7.10-desktop-powerpc+ps3.iso
http://cdimage.ubuntu.com/xubuntu/ports/release/feisty/release/xubuntu-7.04-desktop-powerpc+ps3.iso

Edubuntu:
http://cdimage.ubuntu.com/edubuntu/ports/release/feisty/release/edubuntu-7.04-desktop-powerpc+ps3.iso

Setelah kamu selesai mendownload salah satu ISO CD distro tersebut, burn ISO yang telah kamu dapatkan kedalam sebuah CD.

Melakukan Backup System PS3

Jika PS3 yang kamu miliki masih newly fresh atau baru saja tiba dirumah setelah kamu membelinya, terlebih belum terdapat game data atau file – file yang tersimpan didalamnya, kamu dapat melewati langkah ini.

Tetapi jika kamu sudah memiliki PS3 dalam waktu yang cukup lama dimana didalamnya sudah terpenuhi oleh game system data dan file – file multimedia, sebaiknya kamu melakukan backup system.

Gunakan HDD external yang menggunakan koneksi USB dan memiliki system FAT32 untuk melakukan backup. Masuk ke menu [Settings] > [System Setting] > [Backup Utility]. Pastikan juga bahwa HDD eksternal yang kamu gunakan memiliki space yang cukup luas untuk menampung backup system ini.

Memformat HDD PlayStation 3

Dengan melakukan tahap ini, semua data yang ada di dalam PS3 kamu akan terhapus karena disini diperlukan full format terhadap HDD PS3. Pastikan kamu melakukan backup seperti yang sudah dipaparkan pada langkah sebelumnya. JIka sudah, kamu bisa melanjutkan ke langkah – langkah berikut ini :

Langkah 1
Dalam menu XMB PlayStation 3, masuklah ke [Setting] > [ System Setting] > [Format Utility] > [Format HardDisk].

Langkah 2
Saat Muncul konfirmasi untuk melakukan format, pilih “Yes”.

Langkah 3
Pilih “Custom” untuk memilih custom partition setting.

Langkah 4
Di Layar berikutnya, pilih “Allot 10 GB to the Other OS” untuk memilih 10GB bagian dari hard drive yang akan digunakan untuk other OS (disini adalah Linux).

Langkah 5
Berikutnya pilih “Quick Format”. Kamu juga bisa memilih “Full Format” yang akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan “Quick Format”.

Langkah 6
Setelah kamu memilih partition setting di langkah sebelumnya, Playstation akan mem-format seluruh HDD dan membuat dua partisi, di mana salah satunya untuk XMB dan 10GB di dalamnya untuk digunakan other OS. Setelah format selesai, PS3 akan meminta kamu untuk melakukan restart. Tekan “O” pada controller untuk melakukan rebort.

Install kboot dan Boot dari Live CD
Langkah 1
Masukan distro Linux yang kamu inginkan bisa berupa Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, atau Edubuntu kedalam disk tray PlayStation 3.

Langkah 2
Dalam XMB masuklah ke [Settings] > System Settings] > [Install Other OS]

Langkah 3
File “otheros.bld” akan di deteksi oleh PlayStation 3. Tekan “O” pada controller untuk memilih “OK” yang secara otomatis akan langsung tersorot pada pilihan ini. Setelah memilih “OK”, kboot akan menjalankan boot loader.

Langkah 4
Dalam XMB, masuklah ke [Settings] > [System Settings] > [Default System]

Langkah 5
Pilih “Other OS” sebagai default

Langkah 6
Pada layar berikutnya, kamu akan ditanya apakah menginginkan melakukan boot ke dalam “Other OS” sekarang juga. Pilih “Yes”.

Langkah 7
PlayStation 3 akan me-restart dan masuk kedalam command line prompt. Pada layar yang bertuliskan kboot”. tekan saja enter. Maka di sini kamu akan mendapatkan Live Session dari tampilan Ubuntu, Kubuntu, Xubuntu, atau Edubuntu. Kemudian kamu bisa melanjutkan untuk melakukan hard drive installation. Klik dua kali pada icon “Install” dan ikuti wizard untuk melakukan instalasi penuh.

Hard Drive Installation
Langkah 1
Pada contoh ini kami menggunakan Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Langkah pertama untuk melakukan hard drive installation adalah memilih native language [default pada English]. Klik tombol [Forward] setelah kamu memilih language.

Langkah 2
Layar kedua akan menampilkan peta dunia, pilih city dan country dimana kamu tinggal. Klik [Forward]

Langkah 3
Dilayar berikutnya. kamu diminta untuk memilih keyboard layout yang sesuai dengan kenyamanan kamu (default pada U.S. English). Kamu juga bisa melakukan test penggunaan keyboard pada text input fiels di bagian bawah. Klik [Forward].

Langkah 4
Disini kamu diminta untuk menentukan partisi hard disk. Karena pada XMB sebelumnya kamu sudah menentukan 10GB untuk digunakan dalam Other OS, maka pilih saja pilihan kedua: “Guided – use entire disk”. Klik [Forward]

Langkah 5
Pada layar “Who Are You?” Kamu diminta untuk mengisi data – data personal. Isi saja sesuai keinginan kamu. Klik [Forward]

Langkah 6
Pada langkah ke 6 ini Ubuntu 7.10 (Gusty Gibbon) siap untuk di install. Klik [Install]

Langkah 7
Proses ini akan memakan waktu beberapa saat, dan bisa jadi sedikit lebih lama dibandingkan dengan menginstall Ubuntu pada PC desktop.

Langkah 8
Setelah instalasi selesai, kamu akan memiliki dua pilihan :
– Continue using the Live CD
– Restart Now
Tentu saja kamu pilih [Restart Now]

Kembali ke menu XMB PS3
Kini setiap kali kamu menyalakan system PS3, maka kboot akan langsung meluncur dan akan membawa kamu ke Ubuntu, Kubuntu, Xububtu, Edbuntu yang kamu gunakan. Untuk kembali pada menu XMB PS3, ketik pada kboot prompt: boot-game-os. Atau kamu bisa menyalakan PS3 dengan menahan tombol power hingga berbunyi beep sebanyak dua kali. Pada point ini jangan lupa untuk melakukan restore backup yang sudah kamu buat pada langkah awal sebelumnya.

Selamat mencoba

Satu Tanggapan

  1. […] If you liked this post then you may like this one […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: