• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Tips Mudik ala Adinata

Hari Raya Idul Fitri tinggal beberapa hari lagi, Bagi karyawan swasta maupun negri, juga sebentar lagi bakalan menjalani waktu liburannya, yang pasti sebaian banyak dari kamu akan pulang mudik, merayakan hari raya lebaran bersama keluarga di luar kota. Bagi yang menjalani mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, berikut tips dari saya, berdasarkan pengalaman juga nih .

Mudik dengan Mobil

  1. Periksa kondisi mobil kamu, mulai dari oli mesin, oli rem, tekanan ban, kembang ban, kondisi ban serep, lampu malam, lampu jauh, sein, kaca spion, air radiator, smua deh kamu cek, termasuk sabuk pengaman juga wiper mobil, walaupun gak musim hujan, tetep perlu di cek, juga jangan lupa peralatan bengkel sederhana (kunci ban, kunci pas, tang, obeng, dongkrak, dll) – Pernah punya pengalaman ban bocor, ban serep OK, dongkrak ada, eh kunci Rodanya gak ada .. sial gak tu?
  2. Jika kamu menggunakan SUV atau jenis mobil keluarga, pasti kamu akan menaruh barang bawaan kamu di bagian belakang mobil. Nah jika begitu, jangan menumpuk barang terlalu tinggi, karena berbahaya buat penumpang yang dialam ( bisa kejatuhan barang) dan berbahaya bagi pengemudi lain ( kamu tidak bisa melihat belakang dengan menggunakan kaca spion dalam kamu)
  3. Jangan lupa membawa peta dan tentukan jalur mana yang hendak di tempuh, perkirakan, kapan waktunya beli bahan bakar, jangan sampe bahan bakar kamu habis tanpa perhitungan. Juga untuk persiapan jika kamu terpaksanya di buang melalui jalur alternative
  4. Sediakan uang receh, atau uang kecil, berguna jika kamu terpaksa melewati jalur alternativ, yang melewati perkampungan, pasti banyak, orang – orang yang meminta sumbangan pada mobil yang lewat. Uang kecil juga bisa berguna untuk membayar tol supaya keadaan lebih lancar.
  5. Sediakan seorang navigator disebelah supir, jadi sang supir tidak mudah ngantuk, sebab mengantuk itu menular, jika seluruh penumpang tidur, tidak menutup kemungkinan sang supir juga jadi mengantuk, jika sudah begitu, bisa fatal akibatnya. Sang navigator juga bisa membantu supir untuk membaca marka jalan dan penunjuk arah, jadi bisa tetap berkendara dengan aman dan tertib lalulintas.
  6. Siapkan makanan kecil atau snack, jadi selama perjalanan, perut tidak khawatir kosong. Juga musik, supaya perjalanan jadi lebih menyenangkan.
  7. Siapkan Handphone kamu dalam kondisi terisi pulsa dan batre yang penuh, kalo perlu bawa batre cadangan, jadi bisa menghubungi nomor darurat jika kamu mengalami masalah di tengah jalan. Kalo bisa sinyal juga dibawa, soale kadang itu yang bikin repot, gak ada sinyal D
  8. Hindari berhenti di tampat yang sepi, jika ingin beristirahat, istirahatlah ditempat – tempat yang telah disediakan ( biasanya waktu lebaran gini, banyak tempat – tempat istirahat yang disediakan oleh pihak – pihak tertentu)
  9. Jangan lupa mengunci mobil jika kamu sedang beristirahat di rumah makan, atau tempat istirahat lainnya.

OK, semoga selamat sampai tujuan, hati – hati dijalan, patuhi peraturan lalulintas.
Lebih baik terlambat 1 atau dua jam dari pada ngebut menjemput maut….
Waspadalah .. waspadalah .. waspadalah ..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: