• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Menyamarkan File Rahasia




menyamarDengan cara Menggabungkan dua file jadi satu. Tips penggabungan dua file atau lebih ini biasanya dimanfaatkan untuk menyamarkan atau menyembunyikan file rahasia. Nah, bila kamu mempunyai sebuah file yang sangat penting, bisa jadi isinya adalah data – data pribadi termasuk deretan password kamu, atau apa saja yang kamu anggap penting, maka sudah bisa dipastikan kamu akan menyimpan file tadi pada tempat yang aman.

Tapi dimanakah tempat yang paling aman bila file tersebut tetap saja tersimpan dalam komputer. Mungkin kamu bisa saja menggunakan proteksi folder atau proteksi file, seperti memberikan password pada file tersebut.

Nah, ada satu teknik yang cukup unik untuk menyembunyikan file rahasia kamu tadi, yaitu dengan menyembunyikannya dengan file gambar. Dengan teknik ini maka, dijamin user lainnya tidak akan pernah menduga sebelumnya bahwa di dalam file gambar tadi juga terdapat file rahasia. Teknik ini sebenarnya hanya menggabungkan dua file saja, tetapi cukup aman untuk mengelabui. Berikut adalah langkah – langkahnya :

  1. Langkah pertama adalah menentukan dile mana saja yang akan disembunyikan. Bila kamu mempunyai file rahasia tadi lebih dari dua, maka sebaiknya kamu mengkompresnya dengan WinRar atau aplikasi kompres lain yang di inginkan. Misalnya file tadi diberi nama fileku.rar. File yang dimasukan ke dalam RAR bisa file apa saja, bisa gambar, text atau clip.
  2. Langkah selanjutnya adalah menentukan file gambar. File gambar ini cukup penting sebagai area kamuflase saja, jadi sebaiknya gunakan gambar yang cukup familiar dengan kamu. Misalnya foto dengan momen bagus. Nah misalnya lagi, foto itu kamu berinama fotoku.jpg.
  3. Setelah kamu menetukan file yang dirahasiakan dan file gambarrnya, maka langkah selanjutnya adalah meletakan kedua file tadi (file fileku.rar dan fotoku.jpg) kedalam satu direktori yang sama. Sebaiknya diletakan di direktori yang mudah diakses dan mudah dikenali, karena ini mempermudah proses penggabungan filenya. Misalnya kedua file tersebut diletakan pada drive D, atau drive manasaja sesuai dengan keinginan kamu.
  4. Selanjutnya kamu harus masuk command prompt, masuk pada direktori dimana kamu menyimpan kedua file tadi, dan ketikan perintah copy /b fotoku.jpg+fileku.rar manis.jpg bila dalam contoh diatas menggunakan drive D, maka perintahnya menjadi D:\>copy /b fotoku.jpg+fileku.rar manis.jpg kemudian tekan tombol enter.
  5. Buat kamu yang masih awam dengan command promt diatas, artinya, kamu kelakukan peng-copy-an dua file (fotoku.jpg dan fileku.rar) menjadi satu file baru yang bernama manis.jpg. Sekarang perhatikan pada Windows Explorer, maka kamu bisa melihat satu file baru yang bernama manis.jpg. Sekarang file rahasia kamu aman dan sudah masuk kedalam sebuah file gambar. File rahasia tersebut tetap aman dan bila file manis dibuka, atau di klik dua kali, maka yang muncul adalah file gambar (fotoku.jpg). Kamu tetap bisa membuka file tersebut dengan Picture Editor atau Image Viewer, dan tidak ada tanda – tanda bahwa sebenarnya ada sebuah file rahasia didalamnya
  6. Setelah kamu bisa mengkamuflasekan file rahasia, lalu bagaimana untuk membuka file rahasia tersebut? Caranya cukup mudah, kamu tinggal mengklik kanan file manis.jpg, kemudian pilih [Open With] > [Choose Program..]. Pilihlah WinRar lalu klik [OK]. Kamu akan bisa melihat file rahasia kamu dan bisa menkrak seperti biasanya

Selamat mencoba

2 Tanggapan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: