• L O G I N

  • Arsip

  • it’s me

    ”image”/
  • New Avatar Was Born

    ”image”/
  • Spreadfirefox Affiliate Button
  • IP

Upgarede komputer kamu (yang penting penting dulu)

Semua yang kenal sama komputer komputer pasti punya keinginan untuk memiliki komputer dengan spek yang canggih. Tapi dengan pesatnya perkembangan komputer di dunia ini, terkadang kita merasa komputer yang telah kita miliki selama ini menjadi gurang “grengggg” , dan itu yang bisa memicu kita untuk meningkatkan kemampuan komputer kita.


Komputer yang saya beli satu tahun lalu, kini sudah saya rasakan perbedaannya, mungkin komputer saya performa kerjanya tidak menurun, tapi kalo saya melihat spek – spek komputer baru di toko – toko, atau di iklan – iklan, saya  jadi mersa bahwa komputer saya mulai ketinggalan jaman (maaf ya yang, walau kamu ketinggalan jalan, tapi saya masih setia kok)

Mungkin bagi orang yang memiliki uang lebih, bisa dengan mudahnya mengganti komputer mereka dengan cara membeli baru, tapi bagaimana dengan golongan saya yang uangnya masih pas-pas-an, yang masih memikirkan “kalo saya beli bakso sekarang, besok bisa beli bensin gak ya … ” uhue ….

Tapi, jika kita tau poin – poin penting dalam komputer kita, mungkin kita bisa mengupgradenya secara bertahap. Jika di telusuri, bagian penting pada komputer kita adalah RAM atau memory, Procrssor, VGA card dan Harddisk, kita bisa mengupgrade komputer kita dengan mementingakan bagian – bagian tersebut.

Upgrade RAM
RAM pada komputer merupakan bagian dari komputer yang paling mudah di upgrade. Untuk mengetahui berapa besar RAM yang kita miliki, kita tinggal mengklik kanan icon MY Computer > Properties, maka akan ditampilkan infoemasi komputer dan memory yang digunakan (khusus OS Windows). Tapi ingat, itu mungkin bukan jumlah memory yang sebenarnya, karena yang tertera adalah memory yang digunakan windows, dan bisa jadi ada pengurangan memory karena digunakan oleh VGA onboard.

RAM punya pengaruh yang signifikan terhadap komputer, karena setiap memproses aplikasi didalam harddisk, selalu disimpan terlebih dahulu di Memory dan baru di proses oleh processor. Untuk mengetahui berapa besar penggunaan memory, kamu bisa mencek dari Task Manager (CTRL + ALT + DEL), kemudian dilihat dari tab performance > PF Usage. JIka dipakai menjalankan beberapa aplikasi komputer dan memory yang terpakai hampir selalu penuh, maka upgrade memory bisa meningkatkan performance.

Untuk mengupgrade RAM ini memamng cukup mudah, Kamu tinggal membely memory yang sesuai dengan memory komputer, dan mamasang disamping memory yang sudah ada, biasanya disediakan minimal 2 slot Memory (tempat memasang memory). Penting untuk diperhatikan adalah jenis memory yang digunakan. Bila komputer kamu cukup lama, misalnya Pentium 3, maka masih menggunakan jenis SDRAM, sedangkan saat ini rata – rata menggunakan tipe DDR SDRAM (atau dikenal dengan DDR saja). Unduk DDR ada DDR1, DDR2, DDR3 dan ini harus sama tipenya dengan memory yang ada di komputer kamu.

Jadi sebelum membeli RAM, pastikan RAM yang kamu gunakan dengan cara membaca buku panduannya (buku petunjuk motherboard), atau bila tidak ada, kamu bisa menggunakan software gratis CPU-Z yang ada di download dari http://www.cpuid.com/ dengan aplikasi ini bisa diketahui jenis memory dan ukuran / kapasitasnya.

Upgrade Procesor
Processor memang punya pengaruh besar terhadap kinerja komputer. Tetapi untuk mengupgrade processor tidak semudah mengupgrade memory. Karena untuk melepas dan memasang processor kadang diperlukan teknik khusus.Penting untuk diketahui sebelum melakukan upgrade Processor, yaitu kesamaan soket Processor di motherboard. Untuk mengetahuinya bisa dilihat di buku manual, atau dengan program CPU-Z.

Upgrade komputer akan meningkatkan  kecepatan hampir semua program komputer, terutama yang butuh kinerja tinggi seperti Rendering animasi 3D, digital imaging pada Photosop, grafik designer pada Corel Draw dan lainnya.

Upgrade VGA (Kartu grafis)
VGA card merupakan komponen yang beberapa tahun lalu memang sering diabaikan. Tapi pada jaman sekarang, dominasi VGA untuk mempercepat proses multimedia cukup punya pengaruh. Kemampuan VGA punya pengaruh besar untuk menampilkan animasi 3D, Game 3D, grafik 3D dengan kompleksitas yang tinggi dan lainnya. Jadi apabila kamu bergelut dengan dunia multimedia, maka upgrade VGA cukup disarankan.

Yang perlu diperharikan ketika mengupgrade VGA adalah slot yang digunakan. Ada slot AVG, PCI, PCI-E dan PCI-E 2. Untuk mengetahuinya, seperti biasa, lihat buku manualnya😀, atau melihat langsung di Motherboard.

Kemudian yang paling sering salah, hanya menilai besar memory VGA saja. Karena yang lebih penting adalah CLock Memory VGA dan GPU Frequency (Processor yang ada di VGA). Misalnya VGA 128 MB dengan Clock Memory 500 MHz dan GPU 400 Mhz akan lebih cepat dibandingkan dengan VGA 256 MB dengan clock Memory 400 MHz dan GPU Frequency 300 MHz. Jika sudah familiar dengan VGA, Bus Width (lebar jalur data) juga berpengaruh ke kecepatan VGA.

Upgrade Harddisk
Harddisk juga sebenarnya punya pengaruh penting, meskipun tidak terlalu besar. Kecepatan putar harddisl jelas berpengaruh pada data – data yang dibaca. Kamu bisa mingkatkan performa

PC dengan menggunakan harddisk yang memakai teknologi SATA. Sepanjang motherboard kamu mempunyai konektor SATA, maka kamu bisa mengubah harddisk IDE/ATA eksiting ke harddisl SATA. Jika Motherboard kamu tidak mempunyai konektor SATA, kamu bisa menginstalasi PCI SATA dan memasang harddisk yang baru disitu.

Dengan menggunakan konektor serial yang lebih tipis dibanding kabel IDE biasa, kecepatan transfer data akan meningkat secara signifikan, Selain itu, dengan kabel yang lebih besar pendingin dan aliran udara didalam casing akan lebih baik yang akhirnya akan membantu meningkatkan performa PC.

Jika menggunakan IDE / SATA, ada konfigurasi yang bisa kamu cek untuk memastikan bahwa kamu mendapat performa yang terbaik dari harddisk. Dari Control Panel buka System Properies, pilih tab Hardware cari IDE ATA/ATAPI controller, dan klik untuk mengekspansi tree. Klik kanan Primary IDE Channel dan pilih Properties. Klik tab Advance Setting dan dibawah Device 0 dan Device 1 pastikan Transfer Mode diset ke ‘DMA if available’. Selanjutnya klik OK. Lakukan langkah yang sama untuk secondary IDE Channel dan pastikan juga diset ke DMA.

3 Tanggapan

  1. wah..
    sip nih infonya!!
    kbetulan ge bingung bgt nih mw upgrade pc,,,
    *buka dompet* :p

    thx.

    adinata : weleh – weleh

  2. wah memang maknyus tenan ki tips-e! siap siap duit tuk beli peripheral nih!

  3. tergantung modal sih, klu gak ada modal ya percuma

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: